Senin, 11 Mei 2015

Makanan Khas Subang

Resep Masakan Sunda | subang sebuah nama kabupaten di jawa barat. Menyimpan banyak makanan didalamnya. Subang terkenal dengan buah Nanas,jadi tidak salah sering kita temui buah nanas yang dijajakan pedagang di pinggir jalan. Berikut ini daftar makanan khas subang yang perlu kamu ketahui.

resep masakan sunda, masakan khas subang

1. Nasi Timbel Sambal Ulek Mang Yayan
Rumah makan ini terdapat di Jalan Mesjid Agung no. 6. Di sini jual menu nasi timbel dengan lauk-pauk seperti ayam, ikan mas, ikan kakap, bebek, belut, bakwan udang, serta sampai ikan patin. Sambal yang di buat di sini yaitu sambal dadak hingga sambal masih tetap fresh serta merasa mantap. Buka dari jam 09. 00 - 22. 00

2. Ikan Bakar Etong Gedong Gede
Rumah makan ini terdapat di Jalan Ade Irma No. 156. Ikan Etong fresh dihadirkan segera dari Blanakan Subang. Ikan-ikan ini disimpan dulu di dalam es agar fresh. Saat konsumen pilih ikannya, ikan baru disiangi serta dibikin bersih. Terkecuali Etong, ada ikan yang lain seperti Cumi-cumi, kakap, serta bawal. Rasa ikan gurih serta lezat. Jam operasionalnya yaitu dari jam 11. 00-24. 00. Masakan Khas Sunda ini sangat populer di masyarakat subang dan sekitarnya.

3. Bakso Virgo
Bakso Virgo telah berdiri beberapa puluh th. di Subang. Dahulu tempatnya ada di seputar pujasera yang tidak jauh dengan Bioskop Candra Subang. Tetapi saat ini kiosnya saat ini geser di Jalan Otto Iskandar Dinata, letaknya tidak jauh dengan Rumah Sakit Umum PTPN. Diluar itu di sini ada menu yang lain seperti mie ayam. Jam operasional dari jam 08-00-21. 00. Terasa lezat loh..

4. Oncom Dawuan
Bila anda dari arah Bandung menuju Jakarta namun lewat Subang dahulu. Janganlah lupa berkunjung dahulu di Dawuan. Desa Dawuan Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang populer dengan produksi oncomnya yang khas. Oncom Dawuan sangatlah populer sekali hingga ada kawih (lagu) sunda yang judulnya Oncom Dawuan. Oncom di produksi di daerah yang bernama Babakan Oncom. Bila anda mau memperoleh oncom khas Dawuan anda dapat memperolehnya di Kios Pak Harun yang terdapat di Jalan Raya Dawuan letaknya tidak jauh dengan Alfamart. Oncom Dawuan terbuat dari kacang tanah, hal semacam itu yang membedakan oncom-oncom yang lain yang umumnya terbuat dari ampas tahu. Kios Pak Harun buka dari jam 07. 00-20. 00.

5. Saung Lesehan Mang Yeye
Situasi saung di tepi ruang persawahan tentu menaikkan nikmat serta lahap makan anda. Saung Lesehan Mang Yeye terdapat di Jalan Raya Dawuan, letaknya kurang lebih 500 mtr. sesudah POM Bensin Dawuan bila anda dari arah Bandung. Disini ada beragam menu masakan sunda seperti pepes ayam, ayam bakar, ikan bakar, belut, dan sebagainya. Mang Yeye yaitu perintis Saung Lesehan di sini saat sebelum di sekelilingnya nampak rumah makan yang sama. Harga nya relatif terjangkau. Jam operasionalnya dari jam 08. 00-22. 00

6. Dodol Nanas
resep masakan sunda, masakan khas subang, makanan subang, dodol nanas, dodol nanas khas subang,

Makanan Sunda khas subang populer dengan daerah penghasil nanas lantaran banyak perkebunan nanas tepatnya di daerah Jalan Cagak Subang. Nanas itu bisa di proses jadi dodol nanas yang terasa lezat. Anda bisa mendapakan dodol ini di seputar daerah Tambakan Subang, di daerah ini terdapat banyak kios yang jual dodol nanas untuk oleh-oleh yang dapat bawa anda pulang saat anda bertandang ke Kota Subang.

6 komentar:

  1. subang tuh subur sama buah nanasnya, gak salah lah kalo makananya juga berbahan dasar nanas :D

    BalasHapus
  2. subang patut untuk dikunjungi deh, buat wisata kulinernyha

    BalasHapus
  3. subang terkenal sama dodol nanasnya ya. Yuuu berburu nanas ke subang

    BalasHapus