Senin, 11 Mei 2015

Makanan Khas Tasikmalaya

Resep Masakan Sunda | Tasikmalaya nama sebuah kota - kabupaten di provinsi Jawa Barat. Bagi penyuka makanan Indonesia , di Tasikmalaya banyak makanan khas yang perlu dicoba. Tasikmalaya mempunyai banyak  keanekaragaman kuliner yang cukup unik. salah satunya Noga Kacang, Noga Wijen, Kolontong, Opak, Emping Jagong, dan lain-lain. Yang paling menarik yaitu Noga Kacang Super " Hammy " yang diproduksi di daerah kecamatan Indihiang, Noga Kacang yaitu type makanan dari Tasikmalaya yang bersejarah serta adalah type makanan lokal yang sangatlah enak, renyah serta gurih. Noga Kacang ini ada mulai sejak th. 1982, ciri khas dari makanan ini memiliki bahan basic alami yang terbagi dalam kacang tanah, gula pasir, dan lain-lain. Noga Kacang juga tak memiliki kandungan 3 T ; tanpa ada pewarna, tanpa ada pemanis buatan serta tanpa ada pengawet
resep masakan sunda,makanan khas tasikmalaya, nasi tutug

Oleh karena itu Noga Kacang Super " Hammy " sangatlah terjamin mutunya dari terasa yang enak, renyah serta gurih di mulut tanpa ada 3T, terkecuali Noga kacang tasikmalaya mempunyai macam makanan yang lain seperti Kolontong yang terasa manis, Emping Jagong terasa asin, opak terasa asin serta manis, serta Noga Wijen terasa manis enak. Oleh-oleh tasikmalaya yang lain sangatlah sangat banyak, namun yang pasti ini sangat cocok menjadi Resep Masakan Sunda Sederhana yang teristimewa khas Tasikmalaya.

Nasi Tutug Oncom dalam Bhs Sunda kerap disingkat Nasi T. O yakni Masakan Sunda yang di buat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini biasanya dalam situasi hangat. Dengan cara bhs, kata tutug dalam Bhs Sunda berarti menumbuk. Sistem aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini jadi nama type makanan yang di kenal dengan nama tutug oncom. Nasi tutug oncom menjadimakanan khas Tasikmalaya. Meskipun menjadimakanan khas, tutug oncom tidak bisa dibawa jadi oleh-oleh lantaran gampang hilang cita terasa dalam periode waktu yg tidak lama sesudah diracik.

Sate maranggi ini adalah Resep Masakan Sunda Praktis khas tasikmalaya. sate maranggi ini berbhan basic daging sapi yang agak besar-besar. Bumbu intinya yaitu kecap dengan potongan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, irisan tomat, dan taburan merica juga bawang goreng. juga saus kacang pas untuk bumbunya. Langkah menikmatinya yakni di hidangkan dengan nasi.

Nasi cikur yakni nasi goreng dengan rasa kencur juga sebagai bumbu intinya. Terasa tak manis seperti nasi goreng pada umumnya-yang memakai kecap manis, namun lebih asin gurih serta harum dengan aroma kencur yang khas. Di sajikan dengan irisan telur dadar, ayam suwir, tahu goreng, serundeng serta acar wortel yang fresh. Sepotong keripik tempe jadikan pelengkap juga sebagai pengganti kerupuk.

Tahu Bulat juga adalah Masakan Sunda khas daerah Tasikmalaya, yakni sejenis tahu yang memiliki bentuk bulat seperti bola pingpong cuma tahu ini sudah digabungi dengan bumbu-bumbu serta bahan yang lain hingga tahu ini mempunyai rasa yang gurih serta enak, rata-rata tahu bulat Tasikmalaya ini mempunyai rasa ikan yang khas hingga bikin beberapa orang ketagihan.

6 komentar:

  1. Pengen deh ngerasain nasi tutug khas tasikmalaya nya. Coba kirimin ke rumah aku dong. aku pengen nih

    BalasHapus
  2. nambah deh pengetahuan aku tentang makanan daerah. makasih ya udah berbagi

    BalasHapus
  3. Thanks infonya. Tambahin lagi yah masakan tasikmalayanya lagi plus sama resepnaya ;)

    BalasHapus