Senin, 11 Mei 2015

Makanan Khas Sunda

Resep Masakan Sunda | Makanan sunda merupakan makanan khas masyarakat daerah yang mendiami provinsi Jawa Barat. Daerah yang memiliki beragam kuliner yang di gemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan sunda menjadi primadona di Indonesia karena memiliki ciri khas. Masing-masing daerah di Jawa Barat memiliki kuliner khas yang berbeda-beda sehingga menjadi unik. Dari keunikan itulah membuat masyarakat Indonesia sangat menyukai masakan sunda.

resep masakan sunda, makanan khas sunda, masakan jawa barat, resep masakan di karawang
Ciri khas hidangan utama orang sunda yaitu sering kita temui Masakan Sunda utama berbumbu pedas seperti olahan sayur, olahan pepes. Selain berbentuk bumbu pedas, pada umumnya hidangan utama di sajikan ditemani dengan sambal khas sunda dengan lalapan sayur mentah atau masak yang segar. Lalapan yang segar ini berupa selada, ketimun, kacang panjang, leunca, terong, waluh, daun singkong, dan yang lainnya.

Untuk hidangan utamanya antara lain, Nasi timbel, nasi liwet, nasi tutug oncom, sayur asem, karedok, lotek, tumis kangkung, bakakak ayam, empal gepuk, sate maranggi, kupat tahu, dan lainnya. Makanan Sunda menjadi nikmat dimakan ketika bersama keluarga.

Sebagai Makanan Khas Sunda di Jawa Barat untuk cemilan nya masyarakat sunda punya surabi, tahu sumedang, batagor, misro, combro, tahu gejrot, puyeum sampeu, peuyeum ketan, cireng, cimol, cilok, ranginang, wajit, dodol garut, dan masih banyak yang lainnya. Untuk minumannya ada Bajigur, banddrek, cendol, es doger, es goyobod.

6 komentar:

  1. setelah baca nih artikel jadi nambah wawasan aku. makasih ya udah mau berbagi

    BalasHapus
  2. unik ya makanan sunda terutama di daerah bandung, penamaannya pake singkatan. Kreatif-kreatif

    BalasHapus
  3. Aku pernah mengunjungi rumah makan sunda, ngerasai pepes tahu sama pepes ayamnya. wow ternyata enak bingggooo. Thanks infonya

    BalasHapus